Mengenai Saya

Foto saya
sumenep, sumenep jawa timur, Indonesia
enjoy, sopan dan siap bersaing

Kamis, 07 Juli 2011

Sejarah Permainan Rubik’s Cube (Kubus Rubik)

Sekarang ini pasti kamu sering melihat banyak orang yang main kubus warna-warni yang sering disebut juga Rubik’s Cube atau yang juga dikenal dengan sebutan Kubus Rubik. Bahkan bisa jadi ada teman atau saudaramu ikut memainkan Kubus Rubik ini. Nah, bagi kamu yang baru saja bermain Kubus Rubik, ternyata Rubik’s Cube atau Kubus Rubik adalah sebuah puzzle mekanis yang diciptakan oleh seorang profesor arsitektur asal negara Hungaria yang bernama Erno Rubik pada tahun 1974. Awalnya permainan ini dinamakan “Magic Cube” oleh penciptanya, tetapi kemudian pada tahun 1980 diubah namanya menjadi “Rubik’s Cube”.
read more.....?
Sebuah Rubik’s Cube mempunyai 43.252.003.274.489.856.000 atau sekitar 43 quintillion (miliar miliar) kombinasi posisi yang mungkin ada, walaupun seringkali hanya disebutkan mempunyai “jutaan” kemungkinan, yang disebabkan betapa besarnya angka-angka tersebut. Namun meskipun mempunyai kemungkinan posisi yang teramat sangat banyak, cube dapat diselesaikan dalam rata-rata 56 gerakan/putaran saja (dengan metode CFOP), bahkan bisa kurang dari angka tersebut.
Permainan puzzle ini mencapai puncak popularitasnya di awal-awal tahun 1980-an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 Kubus Rubik terjual
di seluruh dunia. Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya. Saking kecanduan dengan permainan yang menguras otak dan kecepatan jari ini, bisa jadi kamu malah nyuekin pacar kamu deh. Coba dicek dulu, pas kamu lagi main Kubus Rubik, pacar kamu ngambek atau tidak?
Speedcubing
Setelah mengetahui asal-usul Kubus Rubik, nah ternyata cara menyelesaikannya dengan berbagai macam metode. Bagi kamu yang sudah hapal metode beginner atau bahkan sudah banyak belajar mengenai metode F2L, OLL, dan PLL, kamu bisa mengikuti tantangan Speedcubing. Apa itu Speedcubing? Speedcubing adalah olahraga menyelesaikan tantangan Rubik’s Cube dalam waktu secepat-cepatnya, di mana kecepatan tangan dan otak yang terlatih sangatlah dibutuhkan. Untuk mengikuti tantangan ini, tentunya kamu harus banyak berlatih dan mencari cara yang efektif untuk menyelsaikan Kubus Rubik dengan cepat. Tentunya kamu harus banyak berlatih Uuntuk mendapatkan kunci permainan rubik. Salah satunya adalah dengan melatih Fingertrick.
Sampai saat ini, telah banyak kejuaraan diadakan untuk menentukan siapa yang dapat menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu tercepat. Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tanggal 5 Juni 1982 di Budapest, Hungaria, negara asal permainan ini. Kejuaraan ini dimenangkan oleh Minh Thai, seorang pelajar asal Los Angeles dengan catatan waktu 22,95 detik. Setelah itu sempat terjadi kevakuman, akibatnya kepopuleran Kubus Rubik makin meredup. Kejuaraan dunia yang kedua diadakan pada tanggal 24 Agustus 2003 di Toronto. Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh Dan Knights, seorang programmer asal San Fransisco, dengan waktu 20.02 detik. Rekor resmi terakhir yang tercatat di WCA adalah 7.08 detik yang dicetak oleh Erik Akkersdijk, seorang pemuda berkebangsaan Belanda